Spesifikasi dan Review Honda CBR 150 R Indonesia – Pada
tahun ini minat konsumen Indonesia pada pangsa motor sport semakin tinggi
dengan melihat statistik penjualan motor sport yang semakin menggelembung.
Harga motor sport yang dibandrol tinggi oleh pabrikan tidak menyurutkan
konsumen untuk dapat segera membeli dan mengendarai motor yang mewah tersebut.
Nah belum lama ini pabrikan motor Honda meluncurkan CBR150R 2014 Indonesia yang
memiliki slogan laki-laki yang tangguh dan berkelas dengan desain fairing yang
mantap untuk menambahkan kesan anda sebagai pria sejati. Honda CBR150R 2014
Indonesia ini dimaksudkan untuk menandingi dominasi motor sport Yamaha R15 yang
sudah terlebih dahulu mengalami kedigdayaannya di pasar motor sport tanah air.
Nah pada sesi yang spesial ini akan khusus membahas dan mengulas Honda
CBR150R 2014 Indonesia dari bodi, dapur pacu, dan tentu saja harganya.
Penasaran dengan motor sport yang bersaing ketat dengan R15 ini?
Honda CBR150R 2014 adalah motor sport full faring Honda yang
pertama kali dibuat di dalam negeri dengan pabrik yang berlokasi di Pegangsaan,
Jakarta. Motor sport ini diluncurkan pada awal bulan September 2014 yang
bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, DKI Jakarta
beberapa waktu yang lalu . Motor sport dengan bodi yang keren ini siap bersaing
head to head dengan Yamaha YZF R15 yang terlebih dahulu beredar di pasaran.
Keistimewaan dari kuda besi keluaran pabrikan Honda adalah harganya yang turun
drastis daripada yang sebelumnya diluncurkan dengan bandrol harga yang jauh
lebih murah. Harga yang dibandrol oleh Honda CBR150R 2014 Indonesia jauh lebih
murah daripada yang beredar di Thailand yang sebelumnya harganya mencapai
kisaran Rp 42 jutaan. Harga yang lebih murah untuk Honda CBR150R 2014 Indonesia
ini tidak menjadikan Honda asal-asalan dalam membuat motor sport ini karena
kualitasnya juga ciamik nan apik ketika anda gunakan untuk melesat di jalanan.
Memang untuk motor sport 150cc buatan Indonesia ini ada beberapa perbedaan
komponen yang digunakan dengan CBR150R versi impornya. Honda sendiri juga
mengklaim bahwa untuk CBR 150cc-nya kali ini menggunakan kandungan 96,2 % dari
Indonesia. Yuk langsung saja mari kita bedah bersama keunggulan-keunggulan pada
lini apa sajakah yang terdapat pada Honda CBR150R 2014 Indonesia ini.
Spesifikasi dan Review Honda CBR 150 R
Motor sport 150cc dari Honda ini menerapkan
perubahan-perubahan yang membuatnya lebih maskulin dan keren dari versi
sebelumnya. Hal ini dibuktikan pada spesifikasi Honda CBR150R 2014 di segi
desainnya yang kali ini menggunakan Dual Keen Eyes pada Headlamp-nya yang di
versi sebelumnya hanya menggunakan lampu tunggal. Bodinya juga mengusung konsep
desain yang gaya dan berkelas dengan adanya cover pada bodi samping dan
belakang yang lebih tegas juga semakin menguatkan jiwa anda sebagai laki-laki
pemberani dan pantang menyerah dalam mengarungi jalanan yang ganas. Sebenarnya
konsep desain body Honda CBR150R 2014 Indonesia sendiri berasal dari motor
sport CBR1000RR yang terkenal gagah dan garang. Nah kali ini Honda membuatnya
dalam versi 150cc yang berdimensi lebih kecil. Selain bodynya yang dipermak
dengan fairing baru knalpotnya pun tampil anyar dengan bentuk yang lebih
ramping dan terlihat lebih modern. Rangka bodi pada Spesifikasi Honda CBR150R
2014 Indonesia sendiri juga nyaman dikendarai dengan dimensi 1995x711x1.117
(PxLxT/mm) yang mampu anda pacu dengan lincah saat berakselerasi.
Spesifikasi Honda CBR150R 2014 Indonesia kali ini memilih
kerangka tipe Thuss Frame yang diklaim Honda lebih ringan namun memiliki
kekuatan yang tidak terbantahkan. Sebenarnya sasis Thuss Frame sendiri sama
dengan sasis yang digunakan pada Honda CB 150R. Untuk versi sebelumnya sendiri
sasisnya menggunakan Delta Box yang sebenarnya juga sangat baik dan minim
getaran. Mungkin kali Honda mempertimbangkan penggantian sasisnya untuk
meminimalisir harga jualnya. Selain itu juga Honda CBR150R 2014 Indonesia ini
juga disematkan berbagai teknologi inovatif yang sangat membantu stabilitas dan
kenyamanan saat dikendarai seperti adanya rem cakram ganda, pijakan kaki yang
dilapisi aluminium, hingga pengaman kunci yang sudah berteknologi magnet. Untuk
Panel Meter Digital pada spesifikasi Honda CBR150R 2014 kini juga tampil lebih
ciamik dan jelas yang memberikan informasi lengkap tentang Speedometer,
Odometer, Trip Meter, Fuel meter, Suhu Mesin hingga Waktu.
Nah yuk kita beralih keSpesifikasi dan Review Honda CBR 150 R di sektor dapur pacunya yang kali ini gempuran tenaganya sendiri
berbeda dari versi importnya. Mesinnya sendiri sebenarnya tidak terlampau
mengalami banyak perubahan signifikan daripada versi Thailandnya. Mesin yang
disematkan pada Honda CBR150R 2014 Indonesia ini saat ini sudah menggunakan
mesin bertipe 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, dan Silinder Tunggal. Tenaga yang dapat
dipacu oleh motor sport 150cc ini sendiri adalah 12.6 KW pada 10.500 rpm dan
torsi maksimal yang dicapai adalah 13.0 Nm pada 7500 rpm. Mesinnya juga sudah
mengaplikasikan teknologi PGM-FI berstandar emisi EURO 3 yang tentunya lebih
ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Dapur pacunya menggunakan sistem
starter elektrik yang dilengkapi dengan sistem transmisi 6 percepatan. Selan
itu tipe kopling dari Honda CBR150R 2014 Indonesia sudah menggunakan tipe Wet
Multiple with Coil Springs yang semakin menambah mudah akselerasi dari motor
sport 150cc ini.
MESIN | |
Tipe Mesin | Single-cylinder, DOHC, 4-Valve, Liquid-cooled, 4-Stroke |
Volume Langkah | 149,5 cc |
Diameter x Langkah | 63,5 mm x 47,2 mm |
Perbandingan Kompresi | 11,0 : 1 |
Daya Maksimum | 12,6 kW (17,1 PS) @Â 10,500 rpm |
Torsi Maksimum | 13,0 Nm (1,32 kgf.m) @Â 7,500 rpm |
Tipe Pelumasan | Wet sump |
Kapasitas Oli Mesin | 1.0 liter |
Sistem Pendinginan | Pendingin Cairan dengan Kipas Elektrik Otomatis |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Programmed Fuel Injection (PGM-FI) |
Tipe Kopling | Wet Multiplate with Coil Springs |
Tipe Transmisi | Manual, 6-Speed |
Pola Perpindahan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 |
RANGKA | |
Tipe Rangka | Diamond (Truss) Frame / Teralis |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Tunggal dengan Sistem Suspensi Pro-Link |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17M/C (Tubeless) |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17M/C (Tubeless) |
Tipe Rem Depan | Cakram Hidrolik, Dengan Piston Ganda |
Tipe Rem Belakang | Cakram Hidrolik, Dengan Piston Tunggal |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 13,2 liter |
DIMENSI | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 1,977 x 711 x 1,117 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.296 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 160 mm |
Ketinggian Tempat Duduk | 786 mm |
Berat Kosong | 143 kg |
Kapasitas Penumpang | 2 orang |
Radius Putar Minimum | 2.600 mm |
KELISTRIKAN | |
Tipe Battery | MF 12V – 5.0 Ah |
Busi | NGK CPR9EA-9 atau ND U27EPR9 |
Tipe Pengapian | Full Transistor |
Tipe Starter | Elektrik Starter |
sumber:semisena.com ,mesinbalap.com
0 komentar:
Posting Komentar